Tugas Analisis
Produk yang ditawarkan yaitu
Smartphone keluaran terbaru Samsung Galaxy Ace. Dengan keunggulan berbasis OS
Android Gingerbrend, layar sentuh 3.5 inch, Kamera 5 MP, 3G, Wifi, dengan harga
Rp. 2.500.000;
1. Pembeli
Apatis
Jika kita menyodorkan produk
smartphone ini pada pembeli tipe apatis reaksinya yaitu tipe pembeli ini tidak
akan merasa tertarik, bersikap sinis, tidak peduli bahkan segera menolak.
Walaupun produk yang kita tawarkan sudah terkenal unggul dan canggih. Dalam
menghadapi tipe pembeli ini sebagai penjual tetap berusaha memperkenalkan dan
mempromosikan produk dengan profesional tanpa membedakan sifat konsumen.
2. Pembeli
Aktualisasi
Pada pembeli tipe ini, reaksi yang
diberikan yaitu dia menanggapi dengan sikap terbuka pada produk smartphone yang
ditawarkan, karena pembeli tipe ini memang mengetahui produk apa yang dia
butuhkan saat ini dan memang berniat untuk mendapatkannya, pembeli tipe ini
sangat berlawanan dengan pembeli tipe apatis. Dalam hal ini sebagai penjual
dalam menghadapi pembeli tipe aktualisasi yaitu promosikan produk smartphone
ini dengan detail mulai dari harganya sebesar 2.5 juta, memperkenalkan
keunggulan dan manfaat keunggulan smartphone Galaxy Ace ini misal dengan kamera
5 megapixel dapat membidik/mengambil foto dengan jelas.
3. Pembeli
Analitis
Pada tipe pembeli analitis reaksi jika
kita mempromosikan produk smartphone pada tipe pembeli ini, hal pertama yang
akan dia tanyakan adalah masalah harga karena pembeli analitis sangat teliti
dan detail. Misal produk yang akan dibeli harganya cukup mahal, maka pembeli
analitis ini akan mencari tahu kualitas dan spesifikasi produknya sebanding
atau tidak dengan harga yang ditawarkan. Dalam hal ini sebagai sebagai penjual
dalam menghadapi tipe pembeli ini yaitu dengan mempresentasikan produk
smartphone ini dengan detail dan spesifik yakinkan bahwa dengan harga tersebut
sebanding dengan kualitas yang ada didalam produk. Jelaskan bagaimana
smartphone ini bekerja, fitur-fitur unggulnya, manfaatnya, pelayanan produk
sesudah pembelian misal jika rusak mendapatkan service gratis, sehingga dengan
harga 2.5 juta pembeli tidak ragu untuk membeli produk kita.
4. Pembeli
Penghubung
Pada tipe pembeli ini reaksi pada
produk smartphone yang kita tawarkan cenderung tidak terlalu antusias dan
terkesan cuek. Pembeli ini lebih suka mendengar rekomendasi dari orang
terdekat. Dalam hal ini sebagai penjual dalam menghadapi tipe pembeli
penghubung, penjual harus meningkatkan promosi dan menawarkan produk smartphone
ini dengan pelan-pelan dan penuh kesabaran. Tunjukan fitur-fitur unggul yang
ada didalam smartphone Galaxy Ace ini seperti fitur musik stereo, layar sentuh
yang sensitif, berbasis OS Android yang sedang tren saat ini, dan sudah banyak
orang yang menggunakannya.
5. Pembeli
Penyetir
Pada tipe pembeli penyetir reaksi pada
saat kita tawarkan produk smartphone, pembeli tipe ini segera menanggapi bahkan
tidak ragu langsung membeli produk yang kita tawarkan. Tipe pembeli ini hanya
mempertimbangkan apa hasil yang akan diperoleh jika dia membeli produk
tersebut, sebagai contoh seorang manajer membeli produk smartphone untuk
keperluan berkomunikasi kepada rekan bisnis, mencari informasi untuk keperluan
perusahaan. Sebagai penjual kita harus tetap konsisten dan berikan pelayanan
dan promosi yang baik dengan memperkenalkan keunggulan produk smartphone yang
dilengkapi fitur 3G, Wifi, GPS, dan lain-lain yang semakin mempermudah
seseorang untuk saling berkomunikasi dan mencari informasi.
6. Pembeli
yang Senang Bersosialisasi
Pada tipe pembeli yang senang
bersosialisasi pada saat kita tawarkan, pembeli ini menunjukan reaksi tertarik
dan memperhatikan apa yang kita promosikan kepada dia dengan sikap yang ramah
dan bersahabat, walaupun kadang-kadang tipe pembeli ini hanya untuk melihat
saja tidak berniat untuk membeli. Dalam hal ini sebagai penjual harus menunjukan sekaligus meyakinkan
mengenai produk smartphone.
7. Pembeli
Impulsif
Pada tipe pembeli impulsif pada saat
kita menawarkan produk terbaru smartphone rreaksi dari pembeli ini akan sangat
tertarik dan tidak mau ketinggalan untuk menggunakan gadget smartphone android
ini tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan produk.
Dalam menghadapi pembeli impulsif ini penjual perlu promosi melalui iklan/media
komunikasi lainnya karena pembeli ini sangat update dan tidak mau ketinggalan
jaman.
8. Pembeli
Informatif
Pada tipe pembeli informatif, reaksi
pada saat kita menawarkan produk smartphone sikapnya cenderung selektif dan
seleksi terhadap produk yang kita tawarkan. Pembeli tipe ini sebelumnya akan
mencari tahu terlebih dahulu fitur-fitur unggul produk smartphone yang kita
tawarkan biasanya mencari tahu di internet. Maka sebagai penjual lakukan
presentasi yang lebih detail, dan paparkan lebih jelas dan singkat mengenai
produk smartphone yang kita jual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar